Apa itu Domain?



Domain adalah kependekan dari Domain Name System (DNS) 
Domain Name System (DNS) adalah Layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.
Domain Name System (DNS) adalah kumpulan data yang berhubungan dengan alamat IP (Internet Protocol) tertentu di dunia internet dan jaringan.

Setiap komputer di seluruh dunia ini yang terhubung dengan internet saling berkomunikasi melalui IP (Internet Protocol) ini, namun karena bentuk IP (Internet Protocol) adalah angka yang menyulitkan kita mengingatnya, maka dibuatlah Domain Name System (DNS) agar lebih mudah diingat.

Sebagai contoh alamat IP (Internet Protocol) Terbarutau.blogspot.com adalah 74.125.235.42, melalui kumpulan angka ini komputer kita tahu harus menuju atau mengakses ke situs atau alamat yang mana. Coba ketik angka ini 74.125.235.42 di address bar internet explorer, mozila firefox, atau aplikasi browsing yang lainnya, pasti akan terhubung lansung terhubung ke apainihapaituh.blogspot.com.
Namun pastinya akan sulit bagi kita untuk mengingat angka sebanyak itu khan??? Karena itu dibuatlah alamat yang lebih mudah dalam bentuk huruf agar lebih mudah untuk di ingat. Jadi kalau kita ingin buka alamat 74.125.235.42 tinggal ketik Terbarutau.blogspot.com
 

Domain Name System (DNS) dan alamat IP (Internet Protocol) tidak berarti terhubung secara satu-banding-satu. Banyak juga nama host  atau Domain Name System (DNS) yang diwakili melalui alamat IP tunggal: gabungan dengan virtual hosting, hal ini memungkinkan satu komputer untuk malayani beberapa situs web. Selain itu, sebuah nama host atau Domain Name System (DNS) dapat mewakili beberapa alamat IP: ini akan membantu mengurangi kesalahan (fault tolerance) dan penyebaran beban (load distribution), juga membantu suatu situs berpindah dari satu lokasi fisik ke lokasi fisik lainnya secara mudah.





2 Responses to "Apa itu Domain?"

Terimakasih atas kunjungan anda, Berkomentarlah sesuai Tema dan Judul Postingan pada blog Terbarutau, Komentar yang mengandung unsur SPAM dan SARA akan dihapus..