Apa itu Feed?



Feed adalah sebuah format data bertipe XML yang digunakan untuk memberi tahu pengunjung dan langganan tentang update terbaru dari sebuah website secara berkala.

Feed juga sebuah sarana dan cara sebuah situs website ataupun blog, untuk mendistribusikan konten dengan mudah kepada para pengunjung dan pelanggannya.

Feed yaitu memberikan link pada user untuk berlangganan feed (Subscribe).
Dan para pelanggan feed di sebut sucriber. 
Dengan Feed para pengunjung dapat berlangganan isi konten dari web atau blog tersebut.

Subscribe Feed melalui email (berlangganan melalui email) adalah salah satu yang paling populer dan juga mudah. Dengan memasukkan alamat email ke link atau form langganan email yang telah di sediakan oleh pengelola website atau blog tersebut maka otomatis bila ada artikel atau post terbaru akan langsung terkirim ke email si pelanggan.

Subscribe feed sebuah website atau blog juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi (biasanya disebut dengan feed reader). Baik aplikasi berbasiskan web ataupun berbasiskan desktop.

Jadi, cukup dengan membuka aplikasi feed reader tersebut akan mendapatkan update terbaru dari website atau blog langganan kita.



Kelebihan feed tidak hanya bisa dibaca dari komputer. Tapi juga bisa dibaca melalui media lain, seperti handphone, PDA, smartphone, dan lain-lain. Selama dalam perangkat tersebut terdapat aplikasi feed reader dan terkoneksi dengan Internet, maka mendapatkan update langsung melalui feed akan bisa dilakukan.

Format Web Feed yang paling banyak digunakan saat ini adalah RSS (xml) dan Atom (xml).

RSS (xml) adalah Really Simple Syndication

Dengan RSS (xml)seseorang dapat berlangganan ke-situs web yang menyediakan umpan web (feed) RSS (xml), biasanya situs web yang isinya sering di tambah atau di ganti.


Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul ini bisa diasumsikan sebagai kotak surat pribadi. Kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita ketahui perubahannya. Tapi, biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs tersebut berikut dengan link terkait untuk membaca lengkap isi artikelnya.

Sedangkan Atom (xml) adalah format umpan web (feed) yang diciptakan dengan tujuan sebagai alternatif dari RSS (xml). RSS (xml) mempunyai beberapa keterbatasan dan kekurangan seperti kurangnya inovasi dan terkadang tidak kompetibel dengan versi-versi sebelumnya. Karena itulah tercipta Atom (xml) ini dengan fungsi yang serupa tapi sedikit lebih baik.

Dari berbagai sumber



0 Response to "Apa itu Feed?"

Terimakasih atas kunjungan anda, Berkomentarlah sesuai Tema dan Judul Postingan pada blog Terbarutau, Komentar yang mengandung unsur SPAM dan SARA akan dihapus..