Apa itu Instagram?



Kata Insta berasal dari kata "Instan" yang artinya cepat ( disini untuk kategori membuat photo cepat ).

Kata Gram berasal dari kata "Telegram" yang artinya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat.

Bila digabungkan menjadi INSTAN-TELEGRAM disingkat menjadi INSTAGRAM, Jadi;

INSTAGRAM adalah aplikasi untuk mengirimkan informasi berupa photo dengan cepat, aplikasi untuk mengelola photo, aplikasi untuk mengedit photo, aplikasi untuk berbagi (share) photo ke jejaring sosial.

Fungsi INSTAGRAM adalah

# Mengunggah photo (uplod)
# Mengambil photo (download)
# Mengedit photo
# Menambahkan filter digital photo (efek photo)
# Memberi komentar photo
# Memberi judul photo
# Memberi lokasi photo
# Memberika Like photo, dan
# Membagikannya keberbagai layanan jejaring sosial termasuk jejaring sosial milik instagram itu sendiri.

Photo yang akan diunggah dapat diperoleh melalui kamera iDevice ataupun photo-photo yang ada di album photo di iDevice tersebut.

Salah satu Fitur unik dari instagram itu sendiri adalah dapat memotong photo menjadi bentuk persegi sehingga terlihat seperti hasil jepretan kamera kodak Instamatik dan Polaroid

Instagram dapat digunakan pada semua iPhone, iPad, atau iPod Touch dengan minimum OS iOS 3.1.2 dan juga dapat digunakan pada handphone kamera dengan minimum OS Android 2.2 (Froyo)

Dengan seiring berjalannya waktu,  aplikasi ini terus berkembang. 
Pada awal mulanya yang hanya beberapa pengguna saja, sekarang sudah hampir 9 juta pengguna dari seluruh dunia. Tidak hanya itu saja untuk menyeimbangi makin bertambahnya para pengguna Instagram, versi Instagram pun terus meningkat dengan fitur-fitur yang semakin di perbaharui.

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan seluk beluk dunia maya dan gadget tentu tak perlu bertanya apa itu Instagram. Tapi bagi yang baru saja mengenal internet dan smartphone, aplikasi ini pastilah terasa asing bagi mereka.

Dikutip dari dailysosial Instagram secara sederhana dapat didefinisikan sebagai aplikasi mobile berbasis iOS, Android dan Windows Phone dimana pengguna dapat membidik, meng-edit dan mem-posting foto atau video ke halaman utama Instagram dan jejaring sosial lainnya.

Foto atau video yang dibagikan nantinya akan terpampang di feed pengguna lain yang menjadi follower Anda.

Sistem pertemanan di Instagram menggunakan istilah following dan follower. Following berarti Anda mengikuti pengguna, sedangkan follower berarti pengguna lain yang mengikuti Anda. Selanjutnya setiap pengguna dapat berinteraksi dengan cara memberikan komentar dan memberikan respon suka terhadap foto yang dibagikan.

Instagram awalnya dikembangkan oleh startup bernama Burbn, Inc yang dimotori oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger. Di tangan keduanya Instagram sukses membuat raksasa jejaring sosial Facebook bertekuk lutut sehingga bersedia membelinya seharga $1 miliar, akuisisi itu terjadi pada 9 April 2012.

Fitur-fitur Instagram
Kamera

Instagram mempunyai sejumlah fitur-fitur unggulan yang membuatnya digemari oleh jutaan pengguna. Yang pertama adalah fitur kamera, dimana lewat Instagram pengguna tidak hanya bisa mengunggah foto dari galeri. Tetapi dapat juga langsung membidik atau merekam momen dari dalam aplikasi kemudian mengedit, memberi caption baru membagikannya.

Editor

Kedua, Instagram punya tool editor yang menjadi tempat bagi para pengguna untuk memoles foto yang dijepret lewat kamera perangkatnya. Di sini akan dijumpai 10 tooleditor tingkat lanjut untuk mengatur kembali pencahayaan, kontras dan saturasi semudah menggerakkan jemari tangan.

Di update terbaru Instagram tidak lagi mengharuskan foto berwujud kotak, tapi sudah mendukung pilihan portrait dan juga landscape. Memberikan keleluasaan kepada pengguna saat ingin membagikan foto dengan sudut tangkapan lensa yang lebih lebar.

Tag dan Hashtag

Sebagaimana jejaring sosial pada umumnya, Instagram juga punya fitur tag dan hashtag yang fungsinya untuk menandai teman atau mengelompokkan foto dalam satu label.

Caption                          

Caption berfungsi layaknya deskripsi, di sinilah pengguna bisa memberikan sepatah dua patah kata soal foto yang diunggah. Di samping tentunya menambahkan hashtag.

Integrasi ke Jejaring Sosial

Seperti yang sudah disinggung, Instagram juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto atau video ke jejaring sosial lain seperti Facebook, Twitter, Tumblr dan Flicrk. Bila tool ini diaktifkan maka setiap kali foto dibagikan, secara otomatis Instagram juga akan membagikannya ke jejaring sosial yang sudah terhubung.

Cara menggunakan Instagram

Cara Menggunakan Instagram
Setelah mengetahui sebenarnya apa itu Instagram dan juga fitur-fiturnya. Sekarang Anda tentu merasa mantap untuk bergabung dan menjadi anggota barunya.

Oke, sekarang unduh dahulu aplikasi Instagram dari Google Play Store atau App Store jika Anda menggunakan perangkat iOS.

Setelah diunduh sekarang jalankan aplikasi di ponsel Anda. Daftarkan akun dulu, pakai email yang valid atau jika ingin yang lebih mudah Anda bisa login menggunakan akun Facebook. Klik Login with Facebook, kemudian saat muncul jendela popup silahkan masukkan email dan sandi Facebook Anda.

Saat berhasil masuk, lengkapi dahulu profil Anda. Tap menu paling kanan, lalu tap Edit Your Profile dan lengkapi informasi diri Anda di sana.

Berikutnya carilah teman baru, tap saja menu berikon kaca pembesar kemudian ketikkan nama pengguna yang ingin Anda temukan.

Klik profil pengguna yang ingin dijadikan teman, kemudian tap Follow untuk menjadi follower-nya.

Dan jika sudah siap untuk mem-posting foto pertama, tap ikon kamera yang terletak di bagian tengah menu lalu pilih salah satu dari tiga pilihan. Gallery, photo atau video. Selanjutnya silahkan dicoba sendiri ya.

instagram mobile instagram co pic instagram online instagram instagram photo app for instagram instagram com sign up insta insta viewer i webstagram com www instagram com sign up www instagram instagram view instagram com link instagram www instagram com sign in instagram follow instagram istagram view instagram https instagram iinstagram instagram apps download insta gram view my instagram download app instagram app intagram instragam download instagram gratis





0 Response to "Apa itu Instagram?"

Terimakasih atas kunjungan anda, Berkomentarlah sesuai Tema dan Judul Postingan pada blog Terbarutau, Komentar yang mengandung unsur SPAM dan SARA akan dihapus..