Apa itu Komputer?



Awalnya Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang telah dirumuskan.

Menurut Hamacher, Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Menurut Blissmer, Komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: - menerima input - memproses input tadi sesuai dengan programnya - menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan - menyediakan output dalam bentuk informasi

Sedangan Fuori, berpendapat bahwa Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Secara Global Komputer adalah alat pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi.

Dari mana asal kata Komputer ?

Kata Computer / Komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Computer / Komputer berasal dari bahasa latin Computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu Computer / Komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi Computer / Komputer.

Apa itu Sistem Komputer (Computer System) ?

Hardware atau Perangkat Keras: Peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa sentuh.
Software atau Perangkat Lunak: Program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
Brainware: Manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.




3 Responses to "Apa itu Komputer?"

Terimakasih atas kunjungan anda, Berkomentarlah sesuai Tema dan Judul Postingan pada blog Terbarutau, Komentar yang mengandung unsur SPAM dan SARA akan dihapus..