-->

Cara Alami Mendorong Persalinan

Selama masa 40 minggu, Anda telah menunggu saat ini. Rencana persalinan Anda dimulai, perut Anda terasa seperti akan pecah dan Anda yakin bahwa sebentar lagi Anda akan merasakan kontraksi pertama Anda. Dan kemudian tidak ada apa-apa, bahkan tidak ada rasa nyeri.

Ada pepatah mengatakan untuk bersabar. Bayi Anda akan keluar ketika dia siap dan beberapa bayi membutuhkan lebih banyak waktu. Tetapi jika tanggal induksi tampak tidak menentu, maka Anda mungkin merasa ingin memberi bayi Anda dorongan lembut. Dibawah ini adalah beberapa metode alternatif / cara alami mendorong persalinan.

Sebelum Anda melanjutkan membaca, perlu Anda ketahui bahwa terdapat sangat sedikit bukti ilmiah yang berkaitan dengan efektivitas, atau keamanan dari metode alternatif tersebut. Penelitian yang telah dilakukan cenderung kecil dan bukti-buktinya sulit untuk diverifikasi. Sebagai contoh: apabila persalinan terjadi, bagaimana Anda tahu apakah kari yang Anda makan kemarin malam adalah yang menyebabkan persalinan?

Dari sisi keamanan, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter atau bidan Anda pada pemeriksaan berikutnya sebelum mencoba salah satu metode alternatif ini. Hal ini sangat penting, terutama jika ada komplikasi pada kehamilan Anda, karena terdapat bukti yang lebih sedikit mengenai keamanan metode alternatif tersebut pada kehamilan risiko tinggi.


Stimulasi Puting

Stimulasi puting ini adalah dengan lembut menggosok atau memutar puting untuk mendorong mulainya kontraksi. Teorinya adalah oksitosin, hormon yang menyebabkan kontraksi, dilepaskan dalam tubuh pada saat payudara dirangsang.

Apakah Aman?

Tinjauan penelitian dari metoda ini menemukan bahwa kontraksi setelah stimulasi putting ini tidak menyebabkan rahim distimulasi secara berlebihan, dimana hal ini bisa berbahaya bagi bayi. Karena kurangnya penelitian mengenai keamanan metoda ini dalam kehamilan risiko tinggi, maka saat ini hanya disarankan pada kehamilan normal.

Apakah Metode Ini Bekerja?

Tinjuan yang disebutkan di atas menunjukkan manfaat yang signifikan dari stimulasi puting pada wanita dengan leher rahim yang sudah mulai melunak, tipis dan terbuka, siap untuk persalinan. Sekitar 37 persen wanita yang telah mencoba metode ini masuk persalinan dalam waktu 72 jam dibandingkan dengan 6 persen dari mereka yang tidak menggunakan metoda ini.

Bagaimana Saya Mencobanya?

Idenya adalah untuk mensimulasikan kondisi bayi menyusui sehingga Anda perlu memijat seluruh areola (daerah gelap di sekitar puting), jadi tidak hanya bagian puting. Tempatkan telapak tangan di atas areola dan bergerak dalam gerakan melingkar, berikan tekanan yang kuat tapi lembut. Hal ini mungkin perlu dilakukan untuk beberapa waktu. Rekomendasi yang umum adalah untuk merangsang payudara selama satu jam, tiga kali sehari, dengan menghabiskan 15 menit merangsang satu payudara secara terus menerus dan kemudian bergantian ke payudara lainnya selama 15 menit juga, sampai waktu satu jam habis.

Castor Oil

Terdapat laporan-laporan penggunaan castor oil untuk mendorong persalinan, meskipun belum dipahami bagaimana cara kerjanya. Penjelasan yang paling umum diberikan adalah castor oil bertindak sebagai pencahar yang kuat, dan ketika castor oil merangsang usus, maka minyak ini juga merangsang rahim sehingga memulai persalinan.  

Apakah Aman?

Efek langsung yang cenderung terjadi adalah mual, diikuti dengan kasus diare yang buruk dan ada risiko mengalami dehidrasi. Untuk alasan ini, kami tidak merekomendasikan penggunaan castor oil. 

Apakah Metode Ini Bekerja?

Sebuah penelitian terhadap 100 wanita yang terlambat persalinan, menemukan bahwa 57,7 persen mulai aktif persalinan setelah menerima satu dosis 60ml castor oil, dibandingkan dengan 4,2 persen dari mereka yang tidak menerima castor oil. Tinjauan penelitian ini melaporkan bahwa tidak ada pengaruh yang merugikan bagi ibu atau bayi, tetapi semua ibu yang menggunakannya merasa mual. Penelitian ini tidak cukup besar agar hasilnya konklusif. 

Bagaimana Saya Mencobanya?

Perlu diingat, ini adalah salah satu metode ini yang tidak kami rekomendasikan, tetapi menurut survei dari bidan-bidan, dosis yang umum adalah sebanyak 100ml castor oil dicampur dengan jus jeruk. Minuman ini memuakkan (sangat berminyak) untuk diminum, dan beberapa menyarankan agar membuat minuman menjadi fizzy dengan menambahkan setengah sendok teh soda bikarbonat. Dosis kedua dapat diberikan 12 jam kemudian. 

Hubungan Intim / Seks

Hubungan intim sebagai sarana mendorong mulainya persalinan diperkirakan bekerja dalam tiga cara:

  • Pertama orgasme bisa membantu merangsang rahim untuk beraksi 
  • Kedua, hubungan intim dapat memicu pelepasan oksitosin, yaitu hormon “kontraksi” 
  • Ketiga, sperma mengandung prostaglandin konsentrasi tinggi, yang mungkin dapat membantu mematangkan atau melembutkan leher rahim (serviks) agar leher rahim siap untuk melebar ketika persalinan dimulai.

Apakah Aman?

Hubungan intim ini aman asalkan ketuban Anda belum pecah. Setelah ketuban pecah, melakukan hubungan intim dapat meningkatkan risiko infeksi. Anda juga harus menghindari hubungan intim jika Anda memiliki placenta praevia (plasenta previa) atau mengalami perdarahan vagina. Pria sering merasa tidak nyaman berhubungan intim dengan pasangan mereka karena bayi tampak terlihat jelas, tetapi bayi tidak akan tahu apa yang sedang terjadi dan tidak dirugikan. 

Apakah Metode Ini Bekerja?

Tidak terdapat banyak bukti bahwa metode ini bekerja. Dari penelitian kecil yang telah dilakukan, hampir semua menyarankan bahwa hubungan intim tidak membantu, baik untuk mematangkan serviks atau untuk mendorong mulainya persalinan lebih awal. Paling tidak metode ini akan mengalihkan pikiran Anda dari penantian tersebut! 

Bagaimana Saya Mencobanya?

Pada tahap kehamilan ini, hubungan intim lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Cobalah gaya spoon, dengan pasangan Anda masuk dari belakang atau menggunakan tempat tidur sebagai penopang sehingga perut Anda tidak menjadi kendala jika Anda berbaring telentang di samping atau kaki diluar tempat tidur dengan lutut ditekuk, dan pantat dan kaki berada di tepi kasur. Pasangan Anda bisa berlutut atau berdiri di depan Anda. Alternatif lainnya yang mungkin lebih mudah dan bekerja adalah memberikan pasangan Anda oral seks. Diperkirakan bahwa prostaglandin diserap lebih efisien melalui usus dibandingkan melalui vagina. 

Makan Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang diperkirakan membantu melembutkan leher rahim sehingga mendorong persalinan. 

Apakah Aman?

Tidak ada bukti yang menyimpulkan apakah metode ini aman atau tidak. Setiap nanas hanya mengandung bromelain dalam jumlah yang sangat kecil sehingga Anda perlu makan sebanyak tujuh buah agar dapat memberikan efek apapun. Efek samping yang paling mungkin dari makan sejumlah besar nanas adalah kasus diare akut yang parah. 

Apakah Metode Ini Bekerja?

Beberapa budaya mengatakan metode ini bekerja, namun hal ini belum didukung bukti-bukti karena kurangnya penelitian mengenai apakah metode ini bekerja atau tidak. Terlepas dari hal tersebut, makan nanas dalam jumlah besar cenderung merangsang perut dan usus dan seperti halnya dengan castor oil, dapat mendorong rahim untuk beraksi. 

Bagaimana Saya Mencobanya?

Untuk mencobanya, Anda harus makan nanas yang segar karena enzim bromelain ini hancur oleh proses pengalengan atau jus. 

Homeopati

Obat homeopati ini menggunakan versi yang dilemahkan dari zat yang lebih kuat untuk merawat tubuh. Pulsatilla dan Caulophyllum adalah dua obat homeopati yang biasa digunakan untuk merangsang persalinan. 

Apakah Aman?

Pengobatan homeopati ini tampaknya aman. Fakultas Homeopati telah meneliti penggunaannya dalam persalinan dan tidak menemukan insiden kerusakan apapun yang disebabkan oleh penggunaan obat tersebut. Kerusakan terparah yang dapat dilakukan homeopati adalah tidak ada. 

Apakah Metode Ini Bekerja?

Ada banyak bukti anekdot dari pasien yang menemukan bahwa homeopati sangat membantu, tetapi hal ini belum diteliti dengan cara sistematis. Salah satu penelitian dalam caulophyllum, tidak menemukan perbedaan antara wanita yang menggunakan dengan wanita yang tidak menggunakannya, tetapi metode pengujian ini dianggap tidak dapat diandalkan. 

Bagaimana Saya Mencobanya?

Hubungi homoeopat terdaftar di tempat Anda jika ada. Banyak homeopat menjual perlengkapan homeopati untuk kelahiran. 

Herbal: Cohosh Biru dan Hitam

Cohosh biru (Caulophyllum thalictroides) dan Cohosh hitam (Cimicifuga racemosus) merupakan tumbuhan herbal yang tidak boleh digunakan di awal kehamilan, tetapi sering disebut berguna dalam mendorong persalinan. Apakah Mereka Aman?

Dua ulasan penelitian dari Kanada mengenai penggunaan cohosh ini, telah menyimpulkan bahwa dalam kasus cohosh hitam harus digunakan dengan hati-hati dan dalam kasus cohosh biru harus digunakan dengan sangat hati-hati. Cohosh biru pada khususnya telah dikaitkan dengan komplikasi berat untuk bayi saat kelahiran. Dalam kedua kasus itu, tidak ada cukup bukti bahwa mereka aman untuk digunakan. Tumbuhan herbal jauh lebih kuat dibandingkan obat homeopati sehingga harus selalu digunakan di bawah bimbingan profesional. Mengingat bahwa belum ada kepastian keamanan dari penggunaan cohosh tersebut, Anda mungkin memutuskan untuk lebih baik menghindari penggunaannya secara menyeluruh. 

Apakah Mereka Bekerja?

Bukti anekdotal menunjukkan bahwa penggunaan cohosh bekerja, tetapi tidak ada penelitian ilmiah untuk mendukung hal ini. 

Bagaimana Saya Mencobanya?

Anda konsultasikan dengan dokter Anda untuk membantu Anda mencari seorang ahli herbal professional yang dekat dengan tempat Anda. 

Makan Kari

Makanan pedas sering disarankan sebagai cara mendorong persalinan. Tidak ada teori ilmiah yang berkaitan dengan hal ini, tetapi mungkin hal ini karena makanan pedas merangsang perut dan usus sehingga mendorong rahim untuk beraksi. 

Apakah Aman?

Makanan pedas dapat menyebabkan mulas dan, jika Anda tidak terbiasa dengan makanan pedas, hal ini dapat membuat usus teriritasi. Untuk alasan ini, Anda mungkin seharusnya tidak memesan kari vindaloo jika Anda tidak kuat pedas. 

Apakah Metode Ini Bekerja?

Tidak ada bukti-bukti yang mendukung, namun banyak wanita mengatakan metode ini bekerja. 

Bagaimana Saya Mencobanya?

Pesan antar makanan tersebut. Saat ini bukan waktunya untuk memasak makanan sendiri. 

Akupunktur

Akupunktur melibatkan penyisipan jarum yang sangat halus ke dalam titik-titik tertentu dari tubuh. Menurut filosofi tradisional Cina, akupunktur merangsang energi dalam tubuh untuk beraksi pada fungsi atau sistem organ tertentu. 

Apakah Aman?

Penelitian dalam hal ini terbatas, tetapi tidak ada yang menunjukkan dampak merugikan dari penggunaan akupunktur pada ibu dan bayi. Akupunktur umumnya dianggap aman pada tahap kehamilan ini. 

Apakah Metode Ini Bekerja?

Penelitian terbatas yang telah dilakukan sejauh ini menunjukkan bahwa akupunktur mungkin efektif. 

Bagaimana Saya Mencobanya?

Anda perlu menemukan praktisi akupunktur yang memenuhi syarat. Coba konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan saran. Anda mungkin akan memerlukan perawatan setiap hari sampai Anda melahirkan. 

Daun Raspberry Merah

Daun Raspberry dapat dikonsumsi sebagai teh atau dalam bentuk tablet. Daun Raspberry merah juga sering disebutkan bersama metode-metode lain untuk mendorong persalinan. Hal ini adalah mitos. 

Apakah Aman?

Sangat penting untuk tidak menggunakan daun raspberry sampai dua bulan terakhir kehamilan karena efek stimulasinya pada rahim. 

Apakah Metode Ini Bekerja?

Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa daun raspberry merah akan mendorong mulainya persalinan. Namun, sebuah penelitian di Australia telah menunjukkan bahwa daun raspberry merah mempercepat tahap kedua persalinan dan mengurangi kebutuhan untuk kelahiran forceps. 

Bagaimana Saya Mencobanya?

Jika Anda ingin membantu mempersiapkan otot-otot rahim untuk persalinan, mulailah dengan satu cangkir teh atau satu tablet sehari dan tambah secara bertahap sampai maksimum empat cangkir teh atau tablet setiap hari. Teh dapat diminum bebas sedikit demi sedikit selama persalinan. Teh dan tabletnya tersedia di toko makanan kesehatan atau dari pemasok herbal. 

Berjalan

Penjelasan dari metode ini adalah tekanan dari kepala bayi Anda yang menekan leher rahim dari dalam sehingga merangsang pelepasan oksitosin, yang diharapkan mendorong persalinan. Dengan berdiri tegak , Anda juga membuat kekuatan gravitasi bekerja bagi Anda, mendorong bayi untuk bergerak turun ke leher rahim. 

Apakah Aman?

Ya aman, tetapi Anda harus berhati-hati agar tidak membuat diri Anda lelah. Persalinan dapat melelahkan dan Anda tidak ingin menggunakan semua energi Anda sebelum Anda mulai persalinan. 

Apakah Metode Ini Bekerja?

Sampai saat ini belum ada buktinya. Jika bayi Anda belum “jatuh” atau masih pada posisi tinggi di panggul, maka dengan berjalan diperkirakan mendorong bayi ke posisi yang lebih baik sehingga persalinan cenderung mulai dengan sendirinya. 

Bagaimana Saya Mencobanya?

Ini bukan saatnya untuk melakukan jalan-jalan yang bertenaga, terutama jika Anda jarang melakukan olahraga pada awal kehamilan Anda. Berjalan-jalan ringan mungkin adalah cara terbaik yang mampu Anda lakukan. Dan Akhirnya:

Berikut ini adalah pilihan metode lain (beberapa diantaranya sedikit aneh), yang menurut ibu-ibu lain dapat membantu. Tidak ada bukti untuk setiap metode berikut dan juga kami tidak yakin!

  • Meniup balon: teorinya adalah dengan membangun tekanan perut akan mendorong mulainya persalinan. 
  • Melambung pada bola lahir atau mengendarai mobil Anda menuruni jalan bergelombang tampaknya memiliki prinsip yang sama dengan sedikit mengguncang-guncangkan barang. 
  • Menonton film yang sedih dan menangis 

Sumber: WebMD

0 Response to "Cara Alami Mendorong Persalinan"

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda, Berkomentarlah sesuai Tema dan Judul Postingan pada blog Terbarutau, Komentar yang mengandung unsur SPAM dan SARA akan dihapus..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel