Home » , » Macam-Macam Format Kualitas Video

Macam-Macam Format Kualitas Video

Written By Akbar A. Ganto on Minggu, 26 Mei 2013 | 18.03

Advertisement

CAM


CAM adalah hasil rekaman (rip) dari bioskop dengan sebuah digital camera. Rilisan dengan kualitas ini adalah yang terburuk karena didalamnya kita juga mendengar suara penonton, orang-orang yang lalu lalang dan terkadang layar juga "shaky" atau goyang.

TELESYNC (TS)

TELESYNC mempunyai spec yang sama dengan versi CAM kecuali versi ini menggunakan sumber audio lain (External Audio Source) seperti berasal dari jack yang terdapat di kursi penonton bagi orangorang yang mengalami gangguan pendengaran. Sebuah sumber audio langsung tidak menjamin kualitas audio yang baik, seperti banyaknya kebisingan latar belakang dapat mengganggu. Seringnya telesync direkam di bioskop yang kosong dari ruangan proyektor dengan kamera profesional, memberikan kualitas gambar yang lebih baik. Rentang kualitas sangat drastis dari versi CAM, dan presentase kesalahan label antara TS & CAM sangat besar.

TELECINE (TC)

Versi ini adalah hasil rekaman dari pita gulungan film. Suara dan gambar seharusnya sangat baik, namun dikarenakan memakan biaya yang banyak, maka jarang adanya rilisan versi ini.

SCREENER (SCR)

Versi ini berasal dari rekaman pra VHS, yang dikirim ke toko penyewaan film dan berbagai tempat lainnya yang biasa digunakan untuk promosi. Scereener biasanya berbentuk VHS, dan biasanya dalam aspek rasio 4:3 (Fullscreen). Di versi screener ini juga biasanya terdapat watermark di bawah layar yang muncul sepanjang film atau di waktu-waktu tertentu saja, seperti sebuah pesan yang berisi hak cipta, dll. Kualitas versi screener sangat bervariasi, mulai dari yang bagus (di rip dari Master Copy) hingga yang dengan kualitas rendah (di rip dari perekam VHS lama dengan peralatan penangkap gambar yang buruk). Kebanyakan versi screener di transfer ke dalam bentuk VCD atau SVCD.

DVD-SCREENER (DVDscr)

Sama dengan dasar versi SCREENER, tetapi di transfer kedalam bentuk DVD. Tetapi tanpa sebuah "extras" yang biasa terdapat di DVD original. Jika si ripper (perekam) memiliki kemampuan yang baik, sebuah kualitas DVDscr seharusnya berkualitas baik. Biasanya di transfer dalam bentuk SVCD atau DivX/XviD.

R5

Ini adalah format/versi baru. Dasarnya sama dengan DVDcsr - jenis ini hasil rip (rekaman) dari perilisan DVD legal di Rusia, yang dirilis di negara ini untuk megurangi angka pembajakan film. External English Audio biasanya seringdigunakan versi ini, seperti pada default DVD aslinya. Selain R5 adapula perilisan seperti ini di Negara (Regional) lain, seperti:
  • R1 = USA, Canada, Bermuda, U.S. teristories 
  • R2 = Europe (kecuali Russia, Ukraine dan Belarus), Middle East, Egypt, Japan, South Africa, Swaziland, Lesotho, Greenland, French. 
  • R3 = Southeast Asia, South Korea, Taiwan, Hong Kong, Macau. 
  • R4 = Mexico, Central America, Caribbean, South America, New Zealand, Australia, Papua New Guinea and much of Oceania 
  • R5 = India, Afghanistan, Sri Lanka, Ukraine, Belarus, Russia, Africa (except Egypt, South Africa, Swaziland, and Lesotho), Central and South Asia, Mongolia, North Korea 
  •  R6 = People's Republic of China 
  • R7 = Reserved for future use (found in use on protected screener copies of MPAA-related DVDs and "media copies" of pre-releases in Asia) 
  • R8 = International venues such as aircraft, cruise ships, etc.

DVDRip

Sebuah copy-an dari rilisan final sebuah DVD. Dan versi ini dirilis ke dalam bentuk SVCD dan DivX/XviD.

BRRip / BDRip

BRRip (Bluray Release Rip), adalah XviD hasil encode dari Bluray yang beredar di internet (contoh 1080p .mkv) BDRip (Bluray Released Rip), dasarnya sama dengan DVDRip hanya saja bersumber dari Bluray disk, dan kualitasnya keduanya sangat baik diatas DVDRip, dan biasanya dirilis dalam format file .mkv

VHSRip

hasil copy-an dari VHS langsung.

TVRip

Versi ini direkam langsung saat sebuah TV Shows tersebut sedang disiarkan. Kualitasnya tergantung dari kualitas stasiun TV yang menayangkan TV Shows tersebut, jika TV Shows tersebut disiarkan dalam format High Defenition (HD) maka kualitasnya akan bagus dan diberi label HDTV dalam penamaan file rilisannya.

Contoh : Ghost.Hunters.S07E23.Distillery.of.Spirits.HDTV.Xv iD-CRiMSON.avi

Dan dibawah versi HDTV adalah PDTV (Pure Digital Television), kualitasnya tidak sebaik HDTV tetapi tidak bisa dikategorikan buruk, dan biasanya diberi label PDTV dalam penamaan file rilisannya.

Contoh : Junior.MasterChef.Australia.S02E16.WS.PDTV.XviD-FQM.avi

PPVRip 

PPV (Pay Per View) adalah film yang direkam melalui saluran khusus, dimana untuk menonton film pada saluran tersebut biasanya dikenakan biaya. Siaran berbayar ini biasanya ada pada hotel-hotel berbintang, acara workshop dan seminar, serta Club Film.

Biasanya film yang keluar dengan format PPV merupakan film-film terbaru yang belum release dalam bentuk screener, namun telah tersedia khusus untuk pelanggan hotel. Sumber dari PPVRip adalah layar TV yang direkam dengan menggunakan PVR atau DVD recorder. PPVRip tampak sama dengan VHS-Screener karena keduanya sama-sama menggunakan resolusi VHS/TV Full Screen dan penggunaan prinsip yang sama pada saat perekaman.

PPV akan tampak seperti VHS-Sreener promosi (bukan untuk diperjualbelikan) namun tidak terdapat time code maupun studio watermark seperti pada video Screener. Hal ini yang membedakan antara PPV dengan Screener.

WORKPRINT

WORKPRINT adalah copy dari sebuah film yang belum selesai, bisa hilangnya scene-scene atau suara dalam menit tertentu. Kualitasnya bervariasi dari yang paling baik hingga yang paling buruk.

DivX Re-Enc

DivX Re-Enc adalah sebuah film yang diambil dari sumber VCD original, dan di re-encoded ke dalam DixX file dengan ukuran size yang lebih kecil.

WEBRip / WEB-DL (Mostly on TV Shows releases)

WEBRip adalah versi hasil rip (salinan) dari sebuah Website dengan kualitas bagus.

WEB-DL biasanya bersumber dari iTunes Store atau Web-web penyedia tayangan film/TV dengan kualitas baik. Biasanya WEB-DL memiliki kualitas lebih baik dari HDTV karena menggunakan DD 5.1, maka ukuran file-nya pun lebih besar dari HDTV. Di versi WEB-DL juga biasanya tidak terdapat logo TV / iklan berjalan dibawah layar seperti yang terdapat di versi HDTV

Re-Enc 720p/480p RESOLUTION.

720p dan 480p adalah ukuran pixel sebuah film/file video sebuah rilisan. 720p biasanya beresolusi 1280×536/1280×720 pixel. Sedangkan 480p biasanya beresolusi 720x400/624 x 352 pixel. Dari resolusi, versi 720p memiliki kualitas lebih baik dari 480p dengan tingkat ketajaman gambar yang lebih tinggi. Biasanya kedua rilisan versi ini adalah hasil re-encoded yang dirilis dalam format .mkv. Sumber asli perilisan tersebut biasanya diambil dari versi 1080p atau 720p yang sudah lebih dulu dirilis oleh scene group, bahkan ada beberapa re-encoder yang menggunakan XviD dengan size regular untuk me-re-encode-nya, tentu dengan kualitas tidak sebagus dari source-source yang disebutkan sebelumnya.


1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan anda, Berkomentarlah sesuai Tema dan Judul Postingan, Komentar yang mengandung unsur SPAM dan SARA akan dihapus..

Custom Search