-->

Gunung Kelud Status Waspada !!

Status Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, kini Waspada. Peningkatan status diberlakukan karena ada peningkatan aktivitas gunung yang tinginya mencapai 1.730 meter di atas permukaan laut itu.

Dari informasi yang dihimpun detiknews dari pos pengamatan Gunung Kelud, mulai pukul 00.00-06.00 WIB, terjadi gempa vulkanik dangkal sebanyak 63 kali, 13 kali vulkanik dalam dan 1 kali gempa tektonik.

Selain itu, dari pengamatan petugas, juga muncul sejumlah gelembung dari sekitar anak Gunung Kelud dengan diameter 50 cm. Gunung Kelud pernah meletus secara efusif (keluarnya magma dalam bentuk lelehan lava, bukan menyembur) pada tahun 2007 silam.

Sesuai rekam jejak aktivitas Kelud, gunung api berketinggian 1,731 dibawah permukaan laut (DPL) tersebut memiliki siklus letusan 12-15 tahun sekali. Arsip menyebutkan, bahwa Kelud mulai meletus pada tahun 1901, 1919, 1951, 1966, dan 1990

Sebagai upaya pencegahan, maka radius 2 Kilometer dari Kelud tidak diperbolehkan ada aktivitas warga.




Sumber Detiknews Liputan 6 Kompas Metrotv Tribunnews Okezone Antaranews

0 Response to "Gunung Kelud Status Waspada !!"

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda, Berkomentarlah sesuai Tema dan Judul Postingan pada blog Terbarutau, Komentar yang mengandung unsur SPAM dan SARA akan dihapus..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel