-->

Cara Mencegah Penyakit Akibat Kabut Asap

Paparan asap, serangan mikroorganisme menjadi sederet penyebab munculnya infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), terkadang tak bisa kita hindari.

Kendati begitu, bukan berarti tak ada hal yang bisa kita lakukan untuk menangkis penyakit pernapasan itu.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan ialah memperkuat daya tahan tubuh dengan konsumsi buah dan sayur secara rutin.


"Sistem kekebalan tubuh seseorang sangat berpengaruh dalam melawan infeksi virus maupun bakteri terhadap tubuh manusia. Risiko seseorang mengalami infeksi akan meningkat ketika kekebalan tubuh lemah," ujar spesialis THT dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, Herlina Ida Haryaningsih, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (23 Oktober 2015).

"Konsumsi buah dan sayur secara lebih rutin dan tambahkan dengan suplemen herbal yang mengandung bahan immunodulator tinggi seperti Echinaceae.”

Selain itu, lanjut Herlina, bagi mereka yang berada di  lingkungan dengan kondisi tinggi polusi asap, sebaiknya hindari keluar rumah terlalu sering.

"Jika terpaksa, gunakan masker untuk mengurangi dampak dari terhisapnya partikel debu dan asap yang mengandung karbon ke hidung anda," kata dia.

Tak hanya itu, sebaiknya hindari terlalu sering menggosok dan memegang hidung, mengeluarkan lendir terlalu keras, dan mengorek hidung karena dikhawatirkan akan membuat hidung terluka dan rentan terhadap infeksi.

"Sebaliknya, gunakan nasal sprays berbahan dasar air laut murni," tutur Herlina.

Dia mengatakan, hal lain yang tak kalah penting ialah melakukan pola hidup bersih sehat (PHBS), seperti selalu mencuci tangan, beristirahat cukup, serta makan teratur, mencuci makanan seperti buah dan sayur sebelum dikonsumsi.

"Perhatikan alergi dan penyakit bawaan anda. Selalu jaga kehigienisan makanan serta minuman anda," pungkasnya.

Cara Mencegah Penyakit Akibat Kabut Asap

TEMPO

0 Response to "Cara Mencegah Penyakit Akibat Kabut Asap"

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda, Berkomentarlah sesuai Tema dan Judul Postingan pada blog Terbarutau, Komentar yang mengandung unsur SPAM dan SARA akan dihapus..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel