Lola Flores, Google Doodle



Lola Flores berasal dari Jerez de la Frontera, Cádiz ( Andalucía, Spanyol ) Lola Flores adalah ikon budaya tari Gypsy Spanyol, Lola Flores diakui di seluruh Spanyol maupun internasional. Lola Flores bukanlah orang gipsi tetapi diidentifikasi kuat dengan orang-orang Roma dan budaya dan akhirnya menikah dengan keluarga Gitano. Lola Flores mengakui bahwa ia telah diberitahu kakek dari pihak ibu adalah ekstraksi Romani. Dia menjadi seorang penari terkenal dan penyanyi dari cerita rakyat Andalusia pada usia yang sangat muda, melakukan flamenco, copla, dan chotis dan muncul dalam film-film dari tahun 1939 ke 1987. Dia mengalami sukses terbesarnya tampil dalam cerita rakyat dengan Manolo Caracol, yang merupakan mitra artistiknya hingga tahun 1951.

Lola Flores, Google Doodle

Hari ini tepat di hari ulang tahun Lola Flores yang ke-93, Google Doodle menggambarkan perempuan asal Spanyol ini sebagai figur cantik yang berbusana serba merah. Ibu Lola Flores adalah seorang penjahit, sedangkan sang Ayah memiliki usaha bar. Sejak kecil, bakat menari dan menyanyi Lola sudah terlihat. Demi mendukung talenta sang putri, keluarga Lola pindah ke Madid untuk menyekolahkannya di bawah pengawasan seorang komposer terkenal kala itu, Quiroga.

Meski tak sepenuhnya berasal dari keturunan kaum nomaden yang dipercaya berasal dari Asia Selatan itu, namun figur Lola Flores hampir selalu lekat dengan gipsi. Sebagaimana dimuat Majalah Independent, Lola Flores bahkan menikah dengan salah seorang laki-laki dari kaum yang sekarang bisa ditemukan di Amerika Utara itu dan banyak memerankan perempuan gipsi di sederet film yang di perankannya.

Lola Flores, Google Doodle

Tutup usia di tahun 1995, mendiang Lola Flores diantarkan oleh ribuan pelayat. Mulai dari walikota Madrid dan Jerez, seorang bullfighter, Jose Ortega Cano, sutradara Pedro Almodovar, awam, hingga kaum gipsi.

Sumber Terbarutau



0 Response to "Lola Flores, Google Doodle"

Terimakasih atas kunjungan anda, Berkomentarlah sesuai Tema dan Judul Postingan pada blog Terbarutau, Komentar yang mengandung unsur SPAM dan SARA akan dihapus..