6 Istilah Kadaluarsa Yang Harus di Perhatikan Saat Membeli Makanan



Topik pembicaraan banyak orang akhir-akhir ini menghangat seraya munculnya berita dugaan penggunaan bahan makanan kedaluwarsa oleh produsen pizza dan mie jepang. Masyarakat bertanya-tanya tentang aman tidaknya mengonsumsi makanan yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa.

Menurut, Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya, BPOM, Suratmono, kedaluwarsa dapat diartikan, masa habis berlakunya sebuah produk untuk dikonsumsi.

"Tapi, penyimpanan yang keliru, bisa membuat sebuah makanan justru cepat basi sebelum masa kedaluwarsa," terangnya.





Seperti dipaparkan dalam laman Badan Intelijen Negara:
Setiap label produk kemasan harus mencantumkan tanggal "kedaluwarsa/expired date/best before".
Artinya, makanan dan minuman mempunyai batas akhir yang aman untuk dapat dikonsumsi dan dijamin mutunya, dengan penyimpanan yang sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh si produsen.

Ada 6 Istilah Kadaluarsa Yang Harus di Perhatikan Saat Membeli Makanan yang wajib dicermati oleh masyarakat sebelum mengonsumsi makanan atau minuman yang seharusnya tertera pada label produk tersebut, apa 6 hal itu:

6 Istilah Kadaluarsa Yang Harus di Perhatikan Saat Membeli Makanan

1. Baik digunakan sebelum (best before) 

Menunjukkan batas suatu produk masih terjamin kualitasnya. Kualitas dan kandungan nutrisinya akan turun setelah tanggal tersebut terlewati, namun belum tentu membahayakan kesehatan selama kemasan masih utuh.

2. Gunakan sebelum (use by atau expired date)

Digunakan untuk produk yang menyebabkan resiko kesehatan secara langsung ketika sudah melewati tanggal yang tercantum. Biasanya istilah ini dicantumkan pada produk-produk yang mudah rusak dalam penyimpanan jangka panjang misalnya daging dan beberapa jenis keju.

3. Batas sebelum penarikan (pull date)

Adalah tanggal terakhir yang dianjurkan bagi konsumen untuk membeli produk tersebut sehingga masih punya jangka waktu untuk mengonsumsi tanpa mulai mengalami kerusakan.

4. Tanggal pengemasan (pack date)

Merupakan informasi mengenai tanggal pada saat produk dikemas, baik pengemasan oleh produsen maupun pengecer.

5. Tanggal masuk toko (sell by date)

Adalah tanggal pada saat produk memasuki gudang penyimpanan di toko atau tempat penjualan lainnya.

6. Tanggal pemajangan (display date)

Menunjukkan tanggal pada saat produk mulai dipajang di rak-rak atau display toko atau tempat penjualan lainnya.

Jadi Telitilah sebelum membeli, selain harga, kualitas, kuantitas, sebaiknya juga tidak membeli produk yang tidak jelas apa lagi tidak ada tanggal kadaluarsanya.

Sumber | Sumber

6 Istilah Kadaluarsa Yang Harus di Perhatikan Saat Membeli Makanan





0 Response to "6 Istilah Kadaluarsa Yang Harus di Perhatikan Saat Membeli Makanan"

Terimakasih atas kunjungan anda, Berkomentarlah sesuai Tema dan Judul Postingan pada blog Terbarutau, Komentar yang mengandung unsur SPAM dan SARA akan dihapus..