Apa itu Kanker? (Cancer)




Kanker adalah Tumor (pembengkakan) yg bersifat Ganas.

Kanker atau Neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk:

    Tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal)
    Menyerang dan merusak jaringan biologis di dekatnya.
    Berpindah/menjalar kejaringan tubuh yang lain

Sebagian besar kanker membentuk tumor, hanya beberapa saja yang tidak, seperti leukemia.

Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, tergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya penyebaran kanker dari situs awal ke tempat lain di dalam tubuh (metastasis). Untuk mendiagnosa Kanker dibutuhkan pemeriksaan dengan mikroskopik dengan pengambilan jaringan tubuh untuk pemeriksaan Laboratorium (biopsi).

Kebanyakan kanker menyebabkan kematian. Tapi tidak sedikit kanker yang dapat disembuhkan apabila dilakukan perawatan sejak dini. Merokok dapat menyebabkan banyak kanker daripada faktor lingkungan lainnya.

Pengobatan Kanker ada 3 cara:

1. Dengan Operasi

Pengangkatan sel kanker yang di lakukan dengan cara pembedahan.

2. Dengan Kemoterapi

Pemberian obat-obatan anti kanker atau sitokina dalam bentuk pil cair atau kapsul atau melalui infus yang bertujuan membunuh sel kanker.

3. Dengan Radiasi

Penyinaran/radiasi adalah proses penyinaran pada daerah yang terkena kanker dengan menggunakan sinar X dan sinar gamma yang bertujuan membunuh sel kanker yang masih tersisa setelah operasi



0 Response to "Apa itu Kanker? (Cancer)"

Terimakasih atas kunjungan anda, Berkomentarlah sesuai Tema dan Judul Postingan pada blog Terbarutau, Komentar yang mengandung unsur SPAM dan SARA akan dihapus..