Bahaya Menggunakan Earphone/Headphone Terlalu Berlebihan



Segala sesuatu yang berlebihan pasti akan menimbulkan dampak negatif, begitu juga dengan penggunaan earphone/headphone yang berlebihan juga dapat menimbulkan bahaya.


Bahaya Menggunakan Earphone/Headphone Terlalu Berlebihan



Bahaya Menggunakan Earphone/Headphone Terlalu Berlebihan

1. Kerusakan permanen pada telinga

Hal ini dapat terjadi jika telinga sudah tidak kuat lagi menahan tingginya tingkat volume pada Earphone/Headphone. Terlebih lagi jika menggunakan earphone (yang kecil). Akan berdampak lebih buruk karna tipe earphone lebih menutup telinga sehingga telinga akan sangat rapat dan kedap terhadap suara di luar.

2. Kehilangan pendengaran di usia 20-an

Berdasarkan penelitian, efek penggunaan earphone atau headset yang berlebihan ini memang tidak akan langsung terasa akibatnya. Kerusakan pendengaran jika menggunakan headset atau earphone yang berlebihan ini akan muncul secara perlahan. Biasanya efek akan mulai terasa di usia 20-an. Di usia itu si penderita akan mulai kehilangan pendengarannya.

3. Kerusakan otak

Gelombang elektromagnetik akibat earphone atau headset ini diduga berpengaruh terhadap listrik otak. Terbukti gelombang elektromagnetik ini berpengaruh pada listrik otak seekor tikus. Namun, hingga saat ini belum diketahui seberapa besar efek dari gelombang elektromagnetik itu pada otak manusia. Tapi yang jelas tetap waspada.

4. Pengaruh ke ambang pendengaran

Paparan musik dengan earphone atau headset dapat mempengaruhi ambang pendengaran manusia. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penurunan pendengaran akan berlangsung secara perlahan jika menggunakan headphone ataupun earphone dengan volume yang tinggi dan dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu pergunakan earphone atau headset ini sesuai kebutuhan saja, jangan berlebih.

Mengenai tingkat suara, suara tingkat ringan untuk dewasa berada antara 25 hingga 40 desibel, sedangkan anak-anak 20 hingga 40 desibel. Bertingkat semakin tinggi hingga suara terberat berkualitas 90 desibel atau lebih yang masih dapat didengar.

5. Menyebabkan jerawat pada area sekitar telinga

Pada beberapa kasus, banyak orang yang mengaku berjerawat di area sekitar telinga. Memang sepertinya bukan jerawat tapi mirip seperti jerawat karna akan terasa sakit bila ditekan.


Bahaya Menggunakan Earphone/Headphone Terlalu Berlebihan


Lalu Bagaimana Mencegah Bahaya Menggunakan Earphone/Headphone?

1. Hindari penggunaan headphone di tempat yang ramai karena otomatis dapat meningkatkan volume melebihi ambang batas karena suara bising di luar.

2. Batasi penggunaan earphone ataupun headphone. Kita sering tidak sadar berapa lama mendengar musik lewat headphone, untuk itu cobalah mulai sekarang untuk lebih dibatasi.

3. Lebih baik jika menggunakan headphone (yang besar) daripada menggunakan earphone (yang kecil). Jika menggunakan earphone telinga akan lebih tertutup rapat.

4. Jangan menggunakan earphone ataupun headphone dalam keadaan di cas pada saat tidur karena bisa saja terjadi konsleting pada handset/headphone. Hal ini sering dialami oleh kebanyakan orang dan dalam suatu kasus penggunaan earphone sambil di cas pada saat tidur telah merenggut nyawa.


Bahaya Menggunakan Earphone/Headphone Terlalu Berlebihan

Tips Menggunakan Earphone/Headphone
  1. Volume tidak boleh lebih dari 80 db atau tombol volume dipasang pada 50-60 % total volume.
  2. Jangan terlalu lama mendengarkan musik melalui earphone, apalagi terus menerus. Beri istirahat telinga setiap ½ -1 jam. Sebab jika organ dalam koklea merasa capek, pendengaran bisa mengalami rusak permanen.
  3. Gunakan alat pemutar musik yang memiliki volume control.
  4. Jangan gunakan alat pemutar musik dalam pesawat terbang atau pada lingkungan ramai, sebab di situasi itu anda cenderung menaikkan volume yang akan merusak pendengaran.
  5. Hindari menggunakan handset/headphone bekas orang budeg/tuli, karena telinganya busuk dan bisa menular ke telinga kita.
  6. Jangan memakai handset/headphone saat mandi karna bisa kesetrum ldan menyebabkan kematian.
  7. Jangan memakai handset/headphone jika handset/headphonenya rusak.
  8. Selalu cuci handset/headphone menggunakan sabun agar tidak terjadi infeksi pada telinga.
Sumber terbarutau



0 Response to "Bahaya Menggunakan Earphone/Headphone Terlalu Berlebihan"

Terimakasih atas kunjungan anda, Berkomentarlah sesuai Tema dan Judul Postingan pada blog Terbarutau, Komentar yang mengandung unsur SPAM dan SARA akan dihapus..