-->

Semeru Terbakar 48 Pendaki Terjebak

MALANG - Sebanyak 48 pendaki yang terjebak di Ranu Kumbolo dan Kalimati hari ini dievakuasi menuju Ranupane.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Ayu Dewi Utari menginformasikan, hari ini target Semeru steril dari pendaki. "Evaluasi melalui jalur Ayek-ayek yang tidak terbakar," kata Ayu Dewi Utari, Jumat (23/10/2015).


Informasi yang disampaikan Ayu, kawasan hutan yang terbakar di lereng Semeru topografinya berada di lereng sehingga tim hanya bisa mengendalikan kebakaran yang bisa dijangkau. Lokadinya berada di ketinggian antara 2.300 m dpl hingga 2.458 m dpl.

Mengingat lokasi kebakaran berada di jalur pendakian, TNBTS menutup total pendakian sejak Kamis 22 Oktober 2015 hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Berdasarkan data Balai Besar TNBTS, api masih membakar vegetasi di kawasan Watu Rejeng, Pos III, Pos IV, seluas 10 hektare, kemudian di blok Senthong/Landengan Dowo seluas 15 hektare.

Kebakaran di Watu Rejeng, Pos III, Pos IV, seluas 10 hektare saat ini masih terbakar dan dalam proses pengendalian. Sedangkan di kawasan Senthong atau Landengan Dowo belum dijangkau oleh tim dan masih terbakar.

Akibat kebakaran ini, berbagai jenis vegetasi yang terbakar meliputi tanaman akasia, dekuren, mentigi, tutup, anyer, dan kerinyu.

Ayu menduga kebakaran terjadi karena api unggun yang belum sempurna padamnya sehingga bara api membakar semak dan meluas karena terpaan angin, mengingat kondisi tanaman mengering karena musim kemarau.

SINDO

0 Response to "Semeru Terbakar 48 Pendaki Terjebak"

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda, Berkomentarlah sesuai Tema dan Judul Postingan pada blog Terbarutau, Komentar yang mengandung unsur SPAM dan SARA akan dihapus..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel