-->

Indonesia Pernah Jadi Negara Kaya di Dunia

Siapa sangka kalau Indonesia Pernah Jadi Negara Kaya di Dunia, ahh gosip... Nggak sob yuk baca dan simak baik-baik artikel di bawah ini...

1. Indonesia Memiliki Pulau Emas

Indonesia Pernah Jadi Negara Kaya di Dunia

Nama asli Sumatra, sebagaimana tercatat dalam sumber-sumber sejarah dan cerita-cerita rakyat, adalah "Pulau Emas". Istilah Pulau Ameh (bahasa Minangkabau, berarti pulau emas) kita jumpai dalam cerita Cindua Mato dari Minangkabau. Dalam cerita rakyat Lampung tercantum nama tanoh mas untuk menyebut pulau Sumatra. Seorang musafir dari Tiongkok yang bernama I-tsing (634-713) yang bertahun-tahun menetap di Sriwijaya (Palembang sekarang) pada abad ke-7, menyebut Sumatra dengan nama chin-chou yang berarti "negeri emas".

Dalam berbagai prasasti, Sumatra disebut dalam bahasa Sanskerta dengan istilah: Suwarnadwipa ("pulau emas") atau Suwarnabhumi ("tanah emas"). Nama-nama ini sudah dipakai dalam naskah-naskah India sebelum Masehi. Naskah Buddha yang termasuk paling tua, Kitab Jataka, menceritakan pelaut-pelaut India menyeberangi Teluk Benggala ke Suwarnabhumi. Dalam cerita Ramayana dikisahkan pencarian Dewi Sinta, istri Rama yang diculik Rahwana, sampai ke Suwarnadwipa.





Selain emas, ternyata daerah ini juga kaya akan hasil tambangnya, seperti batu-bara dan timah hitam. Beberapa orang meyakini bahwa sebenarnya masih banyak pulau di Sumatera yang memiliki kandungan emas dan masih banyak yang belum diketahui. Bila pulau ini bisa ditemukan nih, bukan tidak mungkin kalau pulau Sumatera dapat dijuluki sebagai pulau emas kembali.

2. Indonesia Memiliki Pulau Padi

Indonesia Pernah Jadi Negara Kaya di Dunia

Pulau padi merupakan julukan bagi pulau Jawa. Kesuburan tanah Jawa membuat segala macam tumbuhan bisa tumbuh dengan subur di daerah ini. Tidak terkecuali dengan tanaman padi. Bahkan pertanian padi pada masa kuno sampai sekarang pun merupakan mata pencaharian sebagian besar rakyat Indonesia. Tidak heran kalau negara Indonesia dijuliki negara agraris.

Adanya konsentrasi gunung berapi yang sangat tinggi menjadi penyebab pulau ini sangatlah subur. Apabila seluruh tanah yang ada di pulau ini dimanfaatkan secara maksimal, bisa dipastikan bahwa wilayah di dunia ini tidak ada yang menandingi kuantitas, kualitas, dan variasi tanaman yang dihasilkan dari pulau ini. Pulau jawa merupakan pulau dengan penduduk yang paling padat di Indonesia.

3. Indonesia Memiliki Pulau Lumbung Energi

Indonesia Pernah Jadi Negara Kaya di Dunia

Pulau lumbung energi merupakan julukan bagi pulau Kalimantan. Sebab pulau ini terkenal akan hasil alamnya yang bisa menghasilkan energi. Sumber energinya di antaranya adalah batubara, minyak, gas, dan geothermal. Selain itu, hutan Kalimantan mengandung gambut yang dapat digunakan sebagai sumber energi yang baik untuk pembangkit listrik maupun pemanas sebagai ganti batu bara.

Kalimantan juga memiliki banyak cadangan uranium yang bisa digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga nuklir. Di samping itu, Kalimantan juga memiliki potensi hasil alam berupa kamfer, lilin dan sarang burung walet. Di pulau ini juga terdapat emas dan intan.

4. Indonesia Memiliki Teknologi Yang Canggih

Perlu kita ketahui kalau Indonesia dulunya mempunyai teknologi yang canggih. Beberapa bukti-bukti membenarkan hal itu. Bukti-bukti tersebut di antaranya adalah

Indonesia Pernah Jadi Negara Kaya di Dunia

Candi Borobudur merupakan candi yang dibangun oleh Raja Mataram sekitar 824 M. Candi ini pernah masuk dalam tujuh keajaiban dunia. Tidak mengherankan sih, sebab candi ini mempunyai arsitektur yang sangat rumit nan indah. Selain itu candi ini tidak memerlukan paku bumi untuk membuat kokoh pondasinya. Sulit dibayangkan bahwa orang zaman dahulu bisa membuat bangunan sesulit itu. Bahkan dengan kecanggihan teknologi sekarang pun tidak akan bisa mampu membangun candi menyerupai candi Borobudur.

Candi borobudur merupakan candi yang mengadopsi konsep fraktal. Fraktal merupakan bentuk geometris yang memiliki elemen-elemen yang mirip dengan bentuknya secara keseluruhan. Candi ini terdiri dari stupa-stupa lain yang lebih kecil. Sungguh menakjubkan bahwa nenek moyang Indonesia sudah memiliki pengetahuan seperti itu.

Indonesia Pernah Jadi Negara Kaya di Dunia

Kapal Raksasa Jung Jawa. Sebelum Cheng Ho dan Columbus, ternyata para penjelajah Nusantara sudah melintasi sepertiga bola dunia loh. Meskipun sejak 500 tahun sebelum masehi, orang-orang China sudah mengembangkan beragam jenis kapal. Namun, menurut catatan perjalanan keagamaan I-Tsing (671-695 M) dari Kanton ke perguruan Nalanda di India Selatan disebutkan bahwa dia menggunakan kapal Sriwijaya. Selain itu bukti dari relief candi Borobudur membuktikan bahwa sejak dulu nenek moyang Indonesia telah menguasai teknik pembuatan kapal.

Nah terbukti kalau Indonesia Pernah Jadi Negara Kaya di Dunia bahkan bisa dibilang sampai hari ini jika terolah dengan baik :D


0 Response to "Indonesia Pernah Jadi Negara Kaya di Dunia"

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda, Berkomentarlah sesuai Tema dan Judul Postingan pada blog Terbarutau, Komentar yang mengandung unsur SPAM dan SARA akan dihapus..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel