Apa itu iPhone, iPod, iPad dan Tablet PC?



Apa itu iPhone, iPod, iPad dan Tablet PC? - Banyak orang yang bingung bahkan tidak bisa membedakan antara iPhone, iPod, iPad dan Tablet PC. Disini saya akan sedikit memberikan gambaran kepada teman-teman semua.

Perbedaan Ipad, Iphone, Ipod, dan Tablet PC

Ipod, iphone dan ipad diproduksi oleh Apple.
Tab/PC Tablet di produksi oleh banyak vendor salah satunya Samsung, Asus, Xiaomi, Oppo, Lenovo, HTC dan banyak lagi yang lainnya.




Kelebihan Tablet (iPad, Galaxy Tab, Acer Iconia, dll):

  1. Simpel dan Ringan untuk dibawa kemana-mana
  2. Fitur Multimedianya lengkap
  3. Beberapa Tablet keluaran terbaru memiliki fitur Telepon dan SMS
  4. Mempunyai Fitur E-Reading untuk membaca Buku dalam versi Elektronik (e-book)

Kelemahan Tablet:
  1. Tidak memiliki Port untuk dapat disambungkan ke Proyektor
  2. Harganya mahal
  3. Peformanya masih kalah dengan Notebook
  4. Fitur Office kurang bagus
  5. Kurang bagus untuk mengetik panjang
  6. Ukuran memori kecil.
Saat ini Tablet sudah tidak seperti dulu lagi, dengan semakin majunya teknologi smartphone kini Tablet sudah tidak memiliki kekurangan/kelemahan seperti saat awal kemunculan PC Tablet, malahan saat ini Tablet sudah tidak dapat dibedakan lagi dengan Smartphone dari segi fitur kemampuannya, yang masih bisa dibedakan antar Tablet dengan Smartphone ataupun iPhone hanyalah dari segi ukurannya saja...

Kurang lebih intinya adalah sebagai berikut: 
iPhone (Apple) = Smartphone (Samsung Galaxy, Blackberry, dll, dsb).
iPad (Apple) = Tab/PC Tablet ( Samsung Galaxy Tab, Smartfrend Tab, dll, dsb).
iPod (Apple) = Adeknya atau pendahulunya iPad (Apple).

iPhone - Apple

Apa itu iPhone, iPod, iPad dan Tablet PC?
iPhone - Apple
iPhone adalah nama ponsel pintar (smartphone) buatan Apple. iPhone memiliki fitur kamera dan kemampuan berkomunikasi sama seperti handphone, dan segala fitur yang dimiliki oleh handphone dan iPod juga ada didalam iPhone.


iPod - Apple

Apa itu iPhone, iPod, iPad dan Tablet PC?
iPod - Apple
iPod adalah pendahulu iPad bisa di katakan asal muasal ipad dan tablet. keunggulan iPod adalah lebih mengutamakan segi hiburan seperti Photo, Video, serta bisa membaca e-book walau dengan tampilan yang lebih kecil dari iPad.


iPad - Apple

Apa itu iPhone, iPod, iPad dan Tablet PC?
iPad - Apple

iPad adalah sebuah komputer (pc) mini seukuran buku tulis yg full touch screen (layar sentuh) iPad memiliki bentuk tampilan yang hampir serupa dengan iPod Touch dan iPhone hanya saja ukurannya lebih besar dibandingkan kedua produk tersebut dan memiliki fungsi-fungsi tambahan yang lebih baik dari kedua produk di atas seperti pada sistem operasi Mac OS dan X.

Ukuran iPad 9.7″ dengan resolusi 1024 x 768 pixel dan didukung oleh sistem operasi Apple IOS. Karena ukurannya yang lebih besar tentunya lebih nyaman dalam melihat gambar atau aplikasi di dalamnya di banding dengan pendahulunya selain itu juga memiliki banyak fitur dan aplikasi yang lebih baik dari iPod.

iPad belum memiliki fitur multitasking, jadi kalau ingin menjalankan suatu aplikasi harus menutup dulu aplikasi yang sedang berjalan. iPad sudah menggunakan sim card tetapi hanya dapat di gunakan untuk menyambungkan ke koneksi internet saja dan tidak mendukung file flash seperti iPhone 3G/4G.


Tab/Tablet PC - Android

Apa itu iPhone, iPod, iPad dan Tablet PC?
Tab/Tablet PC

Tab atau Tablet PC Sama saja dengan iPad. Dalam hal ini Tablet yang akan di bahas sebagai contoh adalah Samsung Galaxy Tab. PC Tablet terutama produk dari Samsung Galaxy memiliki beberapa keunggulan dari iPad dalam hal ketersediaan aplikasi dan game serta mampu menjalankan aplikasi berformat Adobe Flash. Hal itu membuat Tablet ini menjadi lebih disuka karena lebih memudahkan penggunanya dalam pekerjaan dan hiburan. Galaxy Tab memiliki akses download aplikasi melalui Android Market dan iPad memliki Apple App Store.


Apple App Store dan Google Play Store

Apa itu iPhone, iPod, iPad dan Tablet PC?
Apple App Store - Google Play Store - Android Market

Apple App Store memiliki lebih banyak applikasi dibandingkan Android Market. Apple sebagai pengembang iPad mempunyai akses penuh terhadap Apple App Store sehingga semua aplikasi yang tersedia telah melalui proses verifikasi Apple dan membuatnya relatif lebih aman bagi iPad.

Sedangkan Android Market memungkinkan setiap orang mengupload applikasi maupun game dan lainnya tanpa proses verifikasi seperti Apple App Store, karena itu lebih rentan terhadap bahaya virus maupun malware.

Google Play Store adalah layanan konten digital milik Google yang melingkupi toko online seperti Apple App Store yang menjual produk-produk seperti musik/lagu, buku, aplikasi, permainan, dan lain sebagainya. Layanan ini dapat diakses baik melalui web, aplikasi android, dan Google TV. Konten yang dapat dibeli hanya untuk Smartphone Android. Google Play Store mulai dikenalkan pada bulan Maret 2012 sebagai pengganti dari Android Market yang sudah banyak disempurnakan dan diperbaiki oleh tim Google.

apa itu iPhone? apa itu iPod? apa itu iPad? apa itu Tablet PC? 

Edited 2013, 2014, 2015, 2016, 2017