Gempa 6,4 SR Pidie Jaya Aceh



Gempa 6,4 SR Pidie Jaya Aceh - Masyarakat berbondong-bondong menyelamatkan diri setelah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, diguncang gempa bumi 6,4 Skala Richter (SR). Sejumlah bangunan rusak bahkan roboh.

Gempa bumi 6,4 SR ini terjadi pada Rabu (6/12/2016) sekitar pukul 05.03 WIB. Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Setelah diguncang gempa bumi, masyarakat berhamburan ke luar rumah dan bangunan. Masyarakat berusaha untuk menyelamatkan diri ke lokasi-lokasi yang aman dan menuju perbukitan.

Gempa 6,4 SR Pidie Jaya Aceh Dipicu Aktivitas Sesar Aktif

Pusat gempa bumi 6,4 SR Pidie Jaya Aceh terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km. Hasil analisis peta tingkat guncangan menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan kuat terjadi di daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI).

Data sementara yang dihimpun dari berbagai sumber, termasuk dari relawan komunikasi RAPI Aceh menyebutkan, kerusakan yang sudah terdata sementara di Pijay antara lain SPBU Ulee Gle rusak, Warkop Umar Kumis di kompleks SPBU tersebut hancur, kubah Masjid Dayah Mudi Mesra Samalanga jatuh, gedung lantai IV STAI Al-Aziziah roboh, Meunasah Muko Kuthang Ulee Gle hancur, dan toko H Jailani yang berkonstruksi empat lantai di Luengputu juga roboh.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah Banda Aceh-Pidie Jaya diimbau agar tidak terpancing isu tsunami karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami, terjadi di darat," tutupnya.

Beberapa Foto Akibat Gempa 6,4 SR Pidie Jaya Aceh yang berpusat di 5.19 Lintang Utara (LU)-96.36 Bujur Timur (BT), 18 kilometer Kabupaten Pidie, Aceh dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa 6,4 SR Pidie Jaya Aceh

Gempa 6,4 SR Pidie Jaya Aceh

Gempa 6,4 SR Pidie Jaya Aceh

Gempa 6,4 SR Pidie Jaya Aceh


Gempa 6,4 SR Pidie Jaya Aceh


Video Youtube Gempa 6,4 SR Pidie Jaya Aceh







Dikutip dari berbagai sumber media Gempa 6,4 SR di Pidie Jaya Aceh

Tags: dimana gempa hari ini, gempa bumi malam ini, gempa aceh 2016, cerita gempa bumi di aceh, tsunami aceh,gempa bumi di aceh 2016, gempa di indonesia hari ini, ada gempa hari ini, gempa bumi tahun 2016, info gempa bumi hari ini, gempa bumi di aceh, gempa hari ini, bencana tsunami, berita gempa bumi, berita tentang gempa bumi, bencana alam di aceh, berita gempa bumi hari ini, berita gempa bumi di aceh, bencana aceh, berita gempa, berita bencana alam gempa bumi

Gempa 6,4 SR Pidie Jaya Aceh (Update 1, 07-12-2016 14:41 WIB)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie Jaya Puteh Manaf mengatakan, berdasarkan informasi sementara yang dilaporkan kepadanya, jumlah korban meninggal dunia sudah mencapai 25 orang. 

“Data itu belum lagi final. Hingga menjelang siang ini, masih ada belasan warga yang terjebak di bawah reruntuhan bangunan,” kata Puteh, Rabu, 7 Desember 2016.

Selain korban meninggal dunia, sejumlah bangunan dilaporkan runtuh, di antaranya sepuluh unit ruko beserta beberapa tiang listrik. Jalan desa dilaporkan rusak. Empat rumah semipermanen juga dilaporkan roboh. Sedangkan di Kabupaten Bireuen, dua unit rumah serta satu masjid roboh.

Hingga saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) maupun BPBD Pidie Jaya belum melansir nama-nama korban meninggal dunia. (nasional.tempo.co)

Gempa 6,4 SR Pidie Jaya Aceh (Update 2, 07-12-2016 15:50 WIB)

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam konferensi pers di Jakarta, selain mengakibatkan 52 orang meninggal dunia, hingga pukul 13.10 WIB gempa di Pidie Jaya juga menyebabkan 73 orang luka berat dan 200 orang luka ringan, serta berdampak pada sekitar 10 ribu orang.

Sutopo merinci, jumlah korban tewas di Kabupaten Pidie Jaya tercatat 50 orang (empat korban teridentifikasi dan lainnya masih didata). Selain itu ada 70 orang yang terluka berat, dan 122 orang terluka ringan.

Di Kabupaten Bireuen, ada dua orang yang meninggal dunia, tiga orang luka berat, 78 orang luka. Di daerah ini gempa juga berdampak pada 10 ribu santri. (antaranews.com)

Gempa 6,4 SR Pidie Jaya Aceh (Update 3, 13-12-2016 15:21 WIB)

Hari Keenam Tanggap Darurat Gempa Aceh, Jumlah Pengungsi Terus Bertambah

Dikutip dari detik, Pengungsi korban gempa Aceh terus bertambah di hari keenam masa tanggap darurat. Tercatat 83.838 orang masih mengungsi di posko pengungsian yang tersebar di 124 titik.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, para pengungsi akibat gempa yang berasal dari Kabupaten Pidie Jaya sebanyak 82.122 orang dan dari Kabupaten Bireuen sebanyak 1.716 orang. Di Pidie Jaya pengungsi tersebar di 120 titik, sedangkan di Bireuen pengungsi tersebar di 4 titik.

Ribuan bangunan juga dilaporkan rusak parah akibat gempa 6,4 SR tersebut. Sebanyak 11.668 rumah, 61 masjid, 94 meunasah (musala), 10 kantor pemerintahan dan 16 unit fasilitas pendidikan mengalami rusak fisik.





0 Response to "Gempa 6,4 SR Pidie Jaya Aceh"

Terimakasih atas kunjungan anda, Berkomentarlah sesuai Tema dan Judul Postingan pada blog Terbarutau, Komentar yang mengandung unsur SPAM dan SARA akan dihapus..