-->

Siapa itu Usman Harun?


TNI AL akan menerima tiga kapal kelas fregat ringan jenis Nakhoda Ragam yang sudah dilengkapi dengan persenjataan terbaru dan termutakhir pada tahun 2014 ini. Kapal buatan Inggris ini awalnya dipesan negara Brunei akan tetapi dibatalkan kemudian dibeli oleh Indonesia.

Nama ketiga kapal TNI AL buatan Inggris:

1. KRI Bung Tomo
2. KRI John Lie
3. KRI Usman Harun

Lalu kenapa Singapura tersinggung dengan pemberian nama KRI Usman Harun ???
Usman memiliki nama asli Sersan KKO Janatin alias Usman bin Haji Muhamad Ali. Lahir di Purbalingga, Jawa Tengah pada tanggal 18 Maret 1943.

Sedangkan Harun bernama lengkap Kopral KKO Tohir alias Harun bin Said. Lahir di Pulau Bawean, 4 April 1947.

Usman Harun adalah dua orang prajurit TNI dari Korps Komando Operasi/ KKO (Korps Marinir) yang meledakkan bom di Singapura bersama Gani bin Arup pada saat konfrontasi Indonesia melawan Malaysia tahun 1965.

Usman Harun menjalani hukuman gantung di dalam penjara Changi, Singapura pada hari Kamis tanggal 17 Oktober 1968, tepatnya pukul 06.00 pagi.

Pada hari yang sama di mana Usman dan Harun digantung untuk kejayaan bangsa ini, Pemerintah RI di bawah kepemimpinan Presiden RI Soeharto, menganugerahi keduanya dengan gelar Pahlawan Nasional berdasarkan SK Presiden RI Nomor 050/TK/Tahun 1968, tanggal 17 Oktober 1968.

Dikuti dari Straits Times, Kamis (6/2/2014). Juru bicara Departemen Luar Negeri Singapura mengatakan tentang ketersinggungan pemberian nama KRI Usman Harun ”Dampak ini akan dirasakan warga Singapura, khususnya keluarga para korban (bom),”


Panglima TNI Jenderal Moeldoko menjelaskan, penamaan KRI Usman Harun merupakan bagian tradisi di lingkungan TNI AL. Tradisi yang dimaksud adalah penamaan kapal menggunakan nama pahlawan nasional hal ini juga tidak ada keterkaitan dan sangkut pautnya mengenai pemboman oleh Usman Harun dan Gani.

Sumber: terbarutau | tribunnews | kompas | sidonews

0 Response to "Siapa itu Usman Harun?"

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda, Berkomentarlah sesuai Tema dan Judul Postingan pada blog Terbarutau, Komentar yang mengandung unsur SPAM dan SARA akan dihapus..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel