-->

Apa Perbedaan Mentega dengan Margarin?

Tak sengaja pas mau masak nasi goreng ternyata minyak gorengnya habis jadi rencananya mau pakai mentega, eh ga taunya ada dua macam mentega dilemari ada mentega butter dan mentega margarin nah bingung nih mau pake yang mana? Terus bedanya apa sih Mentega sama Margarin? Ada yang tau? Yuk kita simak sama-sama biar ga salah paham :D

Apa Perbedaan Mentega dengan Margarin?

Mentega


Apa Perbedaan Mentega dengan Margarin?

Mentega adalah makanan yang terbuat dari susu, dibuat dengan mengaduk krim yang didapat dari susu. Biasanya digunakan sebagai olesan roti dan biskuit, sebagai perantara lemak di beberapa resep roti dan masakan, dan kadang-kadang juga sebagai bahan untuk menggoreng. Pengganti mentega ialah margarin, yang biasanya lebih murah, dan memiliki sedikit lemak dan kolesterol.

Mentega adalah emulsi air-dalam-minyak, kebalikan dari krim. Mentega tetap padat saat didinginkan, tetapi meleleh secara konsisten pada suhu kamar / suhu ruangan.

Mentega hampir sama dengan roombutter tetapi roombutter adalah mentega yang wanginya tajam dan berwarna putih.

Proses pembuatan Mentega
Bahan dasar untuk membuat mentega adalah krim susu. Krim susu adalah lapisan paling atas dari susu yang terbentuk jika didiamkan selama beberapa hari di dalam kulkas. Krim ini dipisahkan dari lapisan bawah susu atau skim. Mentega dibuat dengan cara mengaduk (butter churning) krim susu menggunakan alat pengaduk mentega sampai berbentuk padat. Krim susu akan terpisah menjadi bagian lemak yang padat dan bagian yang cair (air) setelah proses pengadukan (churning) dengan menggunakan alat yang bernama churn. Cairan yang terpisah dari mentega selama proses pengadukan itu dinamakan buttermilk (susu mentega). Mentega kemudian dipadatkan dan dicetak sesuai selera dengan menggunakan cetakan. Mentega ini selanjutnya dapat pula diolah menjadi ghee atau minyak samin dengan cara memanaskan mentega dengan menggunakan nyala api kecil sampai terbentuk warna kuning emas. (wikipedia)




Margarin


Apa Perbedaan Mentega dengan Margarin?

Margarine adalah mentega buatan. Bisa dibuat dari minyak nabati, atau minyak hewani. Bisa juga mengandung susu saringan, garam dan peng-emulsi. Margarin mengandung lebih sedikit lemak daripada mentega, sehingga margarin banyak digunakan sebagai pengganti mentega. Ada juga margarin rendah kalori, yang mengandung lemak yang lebih sedikit.

Proses pembuatan Margarine
Metode dasar pembuatan margarin terdiri dari peng-emulsi campuran minyak nabati dan lemak yang diubah dengan menggunakan fraksinasi, interesterifikasi, dan atau hidrogenasi, dengan campuran susu skim dingin untuk memperkuat dan meningkatkan teksturnya. (wikipedia)

Nah kesimpulannya dari Perbedaan Mentega dengan Margarin adalah
  1. Mentega terbuat dari susu, Margarin terbuat dari minyak nabati atau minyak hewani
  2. Mentega lebih banyak mengandung lemak sedangkan Margarin lebih sedikit mengandung lemak
  3. Mentega tetap padat saat didinginkan sedangkan Margarin tetap cair
  4. Mentega tinggi kalori sedangkan Margarin rendah kalori
  5. Mentega dibuat dengan proses alami sedangkan Margarine menggunakan proses kimia
Jadi apa sobat sudah tau apa perbedaan mentega dengan margarine?

2 Responses to "Apa Perbedaan Mentega dengan Margarin?"

Terimakasih atas kunjungan anda, Berkomentarlah sesuai Tema dan Judul Postingan pada blog Terbarutau, Komentar yang mengandung unsur SPAM dan SARA akan dihapus..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel